Penyakit Sinusitis Pada Hidung

sinusitis-pada-anakSinusitis merupakan perdangan yang terjadi pada selput lendir sinus nasalis, yait rongga yang berisi udara yang letaknya dalam rongga kepala disekitar hidung. Umumnya, infeksi atau peradangan sinus terjadi sebagai kelanjutan infeksi hidung. Setiap kondisi dalam hidung yang menghambat aliran keluar cairan hidung cenderung menyebabkan infeksi dari sinus. Sinusitis dapat terjadi secara akut, subakut, kronis, atau hiperplastiks.  Umumnya penyakit sinusitis  pada hidung disebabkan infeksi virus atau bakteru dan aleri yang berkepanjangan. Alergen yang terhirup, seperti debu, bulu binatang, serbuk dari bunga atau adanya kelemababan dan perubahan cuaca yang drastic dapat menimbulkan reaksi alergi dan pembengkakan yang berpengaruh atas timbulnya serangan sinusitis.

Penyakit sinusitis pada hidung disebabkan oleh segala sesuatu yang mengganggu atau menghambat aliran udara ke dalam rongga hidung atau keluarnya mucus (cairan) hidung keluar dari hidung. Misalnya, mengerasnya ingus yang keluar dari hidung, obat antihistamin, penyakit tertentu, atau kurangnya kelembaban, udara, Adanya hambatan dalam rongga hidung ini menyebabkan mucus hidung (ingus) tidak bisa keluar dari hidung. Mucus yang terkumpul merupakan lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri. Akibatnya, timbullah peradangan.  Sinusitis dapat diatasi dengan pemberian antibiotic oleh dokter. Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan sinusitis.

Gejala penyakit sinusitis pada hidung berupa keluarnya cairan lendir hingga hidung terasa tersumbat  dan terdapat  cairan di tenggorokan. Gejala ini diikuti dengan timbulnya rasa nyeri dibagian sinus yang terkena, sebagai akibat tersumbatnya lubang hidung. Gejala sinusitis diosertai dengan nyeri kepalaa bahkan kepala terasa sangat berat. Sakit akan diperberat lagi jika saat batuk, mengejan, atau membungkuk timbul rasa nyeri di kepala. Suara menjadi dindeng (sengau) dan penciuman terganggu. Bengkak dan kemerahan di pipi pun menjalar ke mata.

Setiap virus atau bakteri yang masuk ke hidung dapat menimbulkan ganguan sinusitis. Kuman streptokokus dan stafilokokus meniimbulkan infeksi pernapasan saluran atas pada bayi. Kuman influenza menyerang sinus maksilaris. Jika tidak diobati, penyakit akan kronis dan menimbulkan sinusitis etmoid. Jamur jenis murcoraceae juga dapat menimbulkan infeksi sinusitis. Infeksi jamur sering terjadi saat tubuh sedang lemah.

Bengkaknya sinus adalah karena pembuluh darah baliknya menyempit, sementara pembuluh darah nadinya tetap dilalui darah dengan kuat yang membuat sinus menggelembung. Karena sinus menggelembung lubang hidung menjadi menyempit dan tertutup sehingga udara tidak dapat melalui lubang hidung. Penyempita lubang hidung bisa terjadi pada lubang hidung kanan atau kiri. Lubang hidung yang tersumbat bisa disebabkan oleh tumbuhnya polip secara permanen atau insidential (temporer) tergantung dari aktivitas pasien itu sendiri ataupun suhu udara di waktu tertentu. Penderita/pasien bisa merasa pusing selalu pilek, dan ada kalanya keluar bau tidak sedap dari rongga hidung dan rongga mulut.

 

 


=====================================

>>> Obat Sinusitis Membantu Mengatasi Sinusitis, Mengatasi Peradangan, Sebagai Antibiotik Alami, Meluruhkan atau Menurunkan Demam, Menghilangkan Rasa Sakit dan Meluruhkan Dahak Serta Memperbaiki Jaringan Organ-Organ Tubuh Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Sinusitis and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *